Senin, 02 Desember 2013

Tips cara memandikan kucing sendiri di rumah

Cara memandikan kucing - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling populer dan habitatnya memang pada umumnya hidup dengan manusia. Jika anda adalah penyayang kucing mungkin sudah mengetahui bahwa pada umumnya kucing adalah hewan yang takut air, namun tetap saja harus dimandikan agar peliharaan anda tetap bersih.

Nah, dibawah ini adalah beberapa tips cara memandikan kucing sendiri di rumah dengan mudah yang hemat biaya dan praktis.


Tips cara memandikan kucing

Alat dan bahan :
  • Sisir
  • Shampo lembut buat khusus kucing
  • Parfum khusus kucing
  • Cottonbuds
  • Baby oil
  • Pemotong kuku
  • Handuk lembut
  • Sikat lembut
  • Hairdryer
  • Air hangat

Langkah memandikan kucing :
  1. Bersihkan telinga kucing dengan cootonbuds dan baby oil, lakukan perlahan & jangan terlalu dalam agar tidak mengenai gendang teinga kucing.
  2. Potong kuku kucing, jangan terlalu pendek & cukup pada bagian bening kuku. Hal ini dilakukan juga untuk menjaga keselamatan kita dari cakaran kucing apabila kucing berontak pada saat dimandikan.
  3. Sisir bulu kucing dengan rapi sebelum dimandikan untuk menghindari kekusutan saat terkena air.
  4. Tutup teling kucing dengan kapas kecil agar tidak kemasukan air saat dimandikan.
  5. Mandikan kucing dengan air hangat yang sudah disiapkan. Lakukan dengan perlahan agar kucing tidak terkejut. Siram bagian tengkuk sampai bagian ekor (jangan sampai anda menyiram bagian wajahnya karena air akan masuk ke hidung kucing)
  6. Shampoi kucing sampai berbusa apabila bulu2nya sudah benar2 basah, lakukan dengan lembut dan sampai bersih (kalo perlu ulangi shampo sampai bulu kucing benar2 bersih dari kotoran2)
  7. Untuk membersihkan kaki kucing, gunakan sikat lembut & lakukan dengan perlahan.
  8. Bilas kucing dengan air hangat sampai benar2 bersih (kalo perlu masukkan kucing ke dalam bak yang berisi air hangat agar benar2 bersih dari shampo) 
  9. Keringkan kucing dengan handuk lembut, setelah itu jemur kucing sejenak dibawah sinar matahari  agar tidak kedinginan dan air2 dibulu2nya menjadi tiris.
  10. Setelah itu semprotkan parfum lembut khusus kucing & keringkan kucing dengan hairdryer sampai benar2 kering, setelah itu rapikan bulu2 kucing yg sudah kering itu dengan sisir yang sdh disiapkan tadi.


Untuk diperhatikan :
  • Bahwa saat kita akan memandikan kucing, kita harus dapat memastikan bahwa kucing kita dalam keadaan yg fit atau benar2 sehat. Apabila kita memandikan kucing yang sedang dalam keadaan kurang sehat, akan  memungkinkan memperparah penyakit yang sedang dideritanya, Jadi batalkan rencana mandi dan gantikan dengan melakukan mandi kering pada kucing apabila kondisinya kurang memungkinkan untuk dimandikan. Mandi kering dapat dilakukan dengan membersihkan bulu kucing dengan washlap yg di basahi air hangat, keringkan, dan bubuhi bulu kucing dengan bedak khusus kucing
  • Jika kucing kita termasuk kucing yang hiperaktif, hati2 saat memandikannya. Mungkin kita bisa mulai dengan perlahan agar kucing tidak berontak, atau mandikan dengan bantuan kandang agar kita sedikit bisa terbantu saat memandikannya (daripada berabe & kita yg dicakar... ???)

artikel terkait :
tips cara merawat hamster yang benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar